Cara Mengganti Filter Oli Sendiri, Langkah Sederhana menuju Kepercayaan Diri di Jalan!

Mengganti oli di dalam mobil adalah prosedur yang harus dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Dan jika oli itu sendiri dapat diganti tanpa keahlian khusus, maka mengganti filter oli dapat menyebabkan beberapa kesulitan.

Pada artikel ini, kami akan menyajikan kepada Anda panduan langkah demi langkah untuk mengganti filter oli dengan tangan Anda sendiri, yang akan memungkinkan Anda menghemat waktu dan uang, serta mendapatkan pengalaman berharga dalam layanan mandiri mobil Anda.

Mempersiapkan Diri untuk Mengganti Filter Oli

Sebelum Anda mulai mengganti filter oli, Anda perlu mempersiapkan diri secara menyeluruh.

Alat dan bahan:

  • Ketika memilih filter baru, pastikan untuk mempertimbangkan model kendaraan Anda. Anda dapat menemukan informasi mengenai filter yang sesuai di buku panduan pemilik kendaraan Anda atau di toko online khusus.
  • Tergantung pada jenis filter, Anda mungkin memerlukan kunci pas atau kunci tali.
  • Siapkan wadah dengan volume minimal 5 liter.
  • Ini digunakan untuk menuangkan oli baru ke dalam mesin.
  • Lindungi tangan dan mata Anda dari oli panas.
  • Diperlukan untuk mengelap tangan dan bagian-bagian mesin dari oli.

Bahan Tambahan:

  • Oli mesin baru: Pilihlah oli yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan Anda.
  • Gasket sumbat pembuangan: Pada beberapa kasus, paking sumbat pembuangan mungkin perlu diganti

Cara Mengganti filter oli

Cara Mengganti filter oli
Cara Mengganti filter oli
  1. Nyalakan mesin dan biarkan mesin berjalan selama 5-10 menit. Hal ini akan membuat oli menjadi lebih cair dan memudahkan pengurasan.
  2. Dongkrak kendaraan atau arahkan ke jalan layang. Berikan akses yang mudah ke lubang pembuangan bak oli dan filter oli.
  3. Letakkan sebuah wadah di bawah lubang pembuangan dan buka sumbat pembuangan dengan kunci inggris. Hati-hati, oli mungkin panas. Biarkan oli mengalir sepenuhnya ke dalam wadah.
  4. Dengan menggunakan kunci saringan oli, kendurkan dan lepaskan saringan yang lama. Bersiaplah bahwa sejumlah kecil oli mungkin akan tumpah dari filter.
  5. Oleskan sedikit oli baru pada o-ring filter yang baru. Hal ini akan mempermudah pemasangan dan memastikan sambungan yang erat.
  6. Kencangkan filter baru dengan tangan sejauh mungkin. Jangan gunakan kunci inggris untuk mengencangkan filter karena dapat merusak filter.
  7. Tempatkan corong pada lubang pengisi mesin dan tuangkan oli baru sesuai dengan panduan pemilik kendaraan. Jangan mengisi oli secara berlebihan!
  8. Nyalakan mesin dan biarkan mesin berjalan selama beberapa menit. Periksa kebocoran pada sambungan filter dan sumbat pembuangan.
  9. Jangan membuang oli bekas ke saluran pembuangan atau ke tanah. Buanglah di tempat pengumpulan oli bekas.
  10. Catat jarak tempuh kendaraan dan tanggal penggantian oli dan filter di buku servis.

Keuntungan mengganti filter oli sendiri

  • Mengganti filter oli dengan tangan Anda sendiri akan memungkinkan Anda menghemat biaya servis mobil secara signifikan.
  • Anda akan mendapatkan pengalaman berharga dalam melakukan servis mandiri untuk mobil Anda.
  • Anda akan yakin bahwa mobil Anda menggunakan oli dan filter yang berkualitas.
  • Di dunia saat ini dengan biaya servis yang terus meningkat, kemampuan untuk merawat mobil Anda sendiri menjadi keterampilan yang tak ternilai harganya. Mengganti filter oli adalah prosedur sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu ke bengkel.

Pada artikel ini, kami telah menyediakan panduan langkah demi langkah untuk mengganti filter oli dengan tangan Anda sendiri. Dengan mengikuti petunjuk kami, Anda dapat menghemat uang, mendapatkan pengalaman berharga, dan memastikan bahwa mobil Anda menggunakan oli dan filter yang berkualitas.

Ingatlah bahwa swalayan bukan hanya tentang menghemat uang, tetapi juga tentang merawat mobil Anda.

Related Posts

5 Mobil yang Paling Mungkin Bisa Dikoleksi di Tahun 2024

5 Mobil yang Paling Mungkin Bisa Dikoleksi di Tahun 2024

Bisakah Anda mengendarai tambang emas masa depan? Ford Focus ST170 menduduki puncak daftar mobil yang diperkirakan dapat dikoleksi dalam waktu 30 tahun. WhoCanFixMyCar.com, pasar garasi dan perbaikan…

Cara Cepat Menambah Nilai pada Mobil Anda Terbaru 2024

Cara Cepat Menambah Nilai pada Mobil Anda Terbaru 2024

Menambah nilai pada mobil Anda akan itu diperlukan jika Anda berpikir untuk membangun aset, atau mengganti mobil Anda, penting bagi Anda untuk tidak hanya mempertahankan nilainya, tetapi…

4 Tips Mencegah Kemungkinan Pencurian Mobil Tanpa Kunci (Keyless)

4 Tips Mencegah Kemungkinan Pencurian Mobil Tanpa Kunci (Keyless)

Pencurian tanpa kunci, juga dikenal sebagai Pencurian Relai, adalah ketika seorang pencuri meretas kunci mobil ‘keyless entry’ melalui perangkat dari luar rumah korban. Dalam pencurian semacam ini,…

Inilah Bagaimana Software Engineering Mengubah Industri Otomotif

Inilah Bagaimana Software Engineering Mengubah Industri Otomotif

Kompleksitas Software dalam industri otomotif berubah dengan cepat. Saat ini banyak kendaraan yang dilengkapi dengan unit kontrol elektronik, yang secara signifikan dikontrol oleh Software. Meningkatnya jumlah Software…

Cara Merawat Baterai Mobil Listrik Lengkap 2024

Cara Merawat Baterai Mobil Listrik Lengkap 2024

Mobil Listrik atau biasa kita ketahui dengan Electric Vechicles (EV) mengarahkan industri otomotif menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan, mendapatkan daya tarik dengan kredensial ramah lingkungan…

Ford Ranger SuperCrew 4X4 XLT 2024, Ranger Baru, Ford Lama yang Sama

Ford Ranger SuperCrew 4X4 XLT 2024: Ranger Baru, Ford Lama yang Sama

Ford Ranger adalah anak tengah yang sedikit canggung dari keluarga truk Blue Oval, berada di atas Maverick dan di bawah F-150. Ketika mulai dijual di AS pada…

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *